Selasa, 19 November 2013

Indonesian Idol


Indonesian Idol, berjudul Indonesian Idol: Be a Superstar untuk musim keenam, adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. Setelah kemunculan Indonesian Idol, banyak acara realitas lain yang ditayangkan. Sejak tahun 2008, acara ini digelar 2 tahun sekali.

Indonesian Idol memenangkan Panasonic Awards untuk kategori Music & Variety Show Terbaik selama 2 tahun berturut-turut (2005 dan 2006), mengalahkan Akademi Fantasi Indosiar serta KDI yang berada di nominasi yang sama. Indonesian Idol juga mendapatkan penghargaan dari Singapore Tourism Board saat kesebelas finalis Indonesian Idol berada di Singapura untuk menjadi pembuka tur dunia American Idol musim ketiga. Regina Ivanova tercatat sebagai pemenang tertua, karena saat memenangkan acara ini ia berumur 26 tahun, sedangkan Muhammad Ihsan Tarore justru menjadi pemenang termuda karena saat ia memenangkan acara ini ia berumur 17 tahun.

Babak-Babak

Audisi

Audisi berlangsung dari kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Dan berakhir di Jakarta. Audisi kecil juga diadakan di Ambon dan Manado. Kontestan dari Manado dan Ambon yang berhasil maju ke babak berikutnya dikirim ke Surabaya untuk ke babak kedua audisi. Audisi terdiri dari dua babak. Babak pertama audisi yang bertindak sebagai juri adalah orang-orang yang bekerja di Sony Music Indonesia (musim 1-6), Universal Music Indonesia (musim 7). Setelah dinyatakan maju ke babak audisi selanjutnya, kontestan akan berhadapan dengan 4 Juri Indonesian Idol.

Pada musim pertama, terdapat 32.000 orang yang mendaftar dan audisi Indonesian Idol. Jumlah pun bertambah pada musim kedua, yaitu 37.000 orang. Dan pada musim ketiga, 48.000 orang audisi Indonesian Idol ketiga. Indonesian Idol berhasil menembus 11 Besar pada musim pertama, dan 12 Besar pada musim kedua sampai kelima dan musim ketujuh, serta 14 Besar pada musim keenam.

Eliminasi

Peserta yang dinyatakan lolos tahap Audisi akan mendapat Golden Ticket untuk melaju kebabak Eliminasi. Dimana dalam babak ini, peserta akan bernyanyi secara solo, duet dan grup pada musim pertama sampai kelima dan ketujuh, sedangkan pada musim keenam, peserta hanya akan bernyanyi pada 2 sesi, yaitu grup dan solo. Dari babak ini, akan terbentuklah 24 besar (15 besar dalam musim ketujuh) (dalam musim pertama, ketiga sampai keenam dan pada musim kedua dipilih 30 orang, musim ketujuh dipilih 27 orang) finalis yang akan melaju kebabak Workshop.

Spektakuler Show

12 peserta yang lolos di babak sebelumnya akan unjuk kemampuan di babak spektakuler. Babak ini akan berlangsung setiap minggu dan akan menyisihkan satu kontestan dengan voting terendah. Babak spektakuler akan dibuka dengan penampilan semua kontestan dengan menyanyikan lagu tema Idola Indonesia ciptaan Andi Rianto & Monty Tiwa, tetapi pada musim keenam hingga ketujuh, lagu Idola Indonesia dinyanyikan pada akhir sebelum Hasil spektakuler dibacakan.

Pada musim pertama, jumlah peserta ada 11 finalis. Pada musim kedua hingga kelima, jumlah peserta ada 12 finalis. Pada musim keenam, jumlah peserta bertambah menjadi 14 orang dan pada Musim Ketujuh jumlah peserta kembali menjadi 12 finalis.

Grand Final

2 orang peserta yang tersisa akan berlaga dibabak ini. Dengan menyanyikan 3 buah lagu, masing-masing terdiri atas lagu pilihan juri, lagu pilihan peserta, dan lagu yang diciptakan khusus untuk sang finalis.

Battle Goes On

Acara ini ditayangkan saat seminggu setelah babak grand final. Dimana 2 finalis yang tersisa akan berkampanye untuk meminta dukungan dari pemirsa. Ditayangkan dari 2 tempat yang berbeda. Babak ini ditiadakan mulai dari musim kelima.


LOGO :


Indonesian Idol.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar